stempel_bagus_slide

..... ..... ..... ..... ..... .....

Sunday, June 5, 2016

Macam macam stempel

MACAM DAN MODEL SERTA DESAIN STEMPEL BAGUS 

Pada dasarnya kegunaan stempel adalah sebagai legalisasi dokumen dan juga bisa sebagai tanda (lunas, diterima, dll) atau merujuk pada kepemilikan benda (buku, dll). juga menunjukan status pada helai dokumen, bisa juga sebagai segel pada amplop, surat berharga dan berbagai kegunaan lainnya. Untuk berbagai macam keperluan stempel dapat dipesan menurut kebutuhan.

Secara garis besar stempel terbagi menjadi beberapa jenis sbb:

Gambar Stempel Flash
Stempel Flash

Stempel Flash atau Pre ink

Banyak nama untuk stempel jenis ini, ada yang menyebutnya stempel flash, stempel warna, stempel otomatis, dll. nama resminya adalah Pre Ink Stamp
Stempel ini memakai gagang plastik yang beraneka ragam yang pada dasarnya semua berfungsi sama sebagai pegangan atau handle stempel., hanya warna dan bentuknya saja yang berbeda beda.kami sendiri memakai seperti contoh gambar diatas.
Karet stempelnya memakai bahan khusus yang dapat menyerap tinta sehingga Stempel dapat dibuat menjadi beberapa warna dalam sekali pengecapan. adapun bila hasil cap sudah mulai pudar dapat di isi ulang lagi tintanya.
Untuk prosedur cara pengisiannya bisa dilihat klik disini
Stempel jenis ini sekarang umum dipakai karena membuat hasil cap lebih menarik, mudah digunakan karena tidak memerlukan bantalan.


Gambar Stempel Emboss
Stempel Emboss

Stempel Emboss

Stempel yang menggunakan tekanan agar relief stempel menjadi timbul pada permukaan kertas. 
Stempel jenis ini tidak menggunakan tinta. hasil pengecapannya berupa relief stempel yang menonjol pada permukaan kertas.
Digunakan untuk pengecapan surat surat penting seperti ijazah,sertifikat,nota dan sejenisnya, sebagai legalitas agar tak mudah ditiru dan membuat dokumen atau surat mendapat nilai tambah yang exclusive.
Untuk melihat cara operasional stempel emboss bisa dilihat klik disini


handy stamp
Handy Stamp

Handy Stamp

Satu lagi dari variasi dari gagang stempel warna Flash "Handy Stamp". Desain yang trendy, menarik, ringan dapat dimasukan ke dalam kantong baju atau tas.
Stempel otomatis atau stempel warna dengan karet terbuat dari "Karet Stempel Flash". Sangat praktis mudah dibawa kemana-mana. cocok untuk Anda yang sering bepergian dan kadangkala memerlukan stempel untuk pengecapan dokumen.
Stempel warna Flash dengan gagang Handy Stamp ini sering dipakai oleh para Dokter yang sibuk dan mempunyai banyak tempat praktek, juga para pelaku bisnis yang mempunyai rutinitas tinggi di luar kantor. ringan dan mudah dibawa sehingga stempel lebih aman tidak dapat dipergunakan oleh sembarangan orang.
Konsep stempel bisa berupa Tanda tangan, Nama, Nomor Surat ijin Praktek ataupun alamat dlsb.


Gambar Stempel Tanggal
Stempel Tanggal

Stempel Tanggal atau Dater

Stempel yang mempunyai fasilitas tanggal, bulan dan tahun yang dapat diubah ubah sesuai kapan waktu pengecapan dokumen/surat tersebut, bahkan ada juga yang mempunyai status penunjuk jam.
Stempel ini biasa digunakan untuk menerima atau mengirim sebuah dokumen/surat yang memerlukan status kapan dokumen/surat tersebut telah diberi cap stempel.
Untuk satu kali pengecapan sudah tercantum : nama perusahaan, tanggal, bulan, tahun, sekaligus menerangkan kondisi dokumen/surat sudah diterima, dikirim atau keterangan lain seperti : lunas, agenda, diperiksa, diarsipkan dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan.
Untuk stempel jenis ini ada berbagai merek pabrik yang memproduksinya. kegunaannya kurang lebih sama hanya desain pegangan, harga dan warnanya saja yang beraneka ragam. bahan stempel biasanya terbuat dari plastik keras.
Ada dua jenis untuk stempel jenis ini :
* Stempel tanggal (dater) yang masih memerlukan bantalan stempel untuk pengecapan.
* Stempel tanggal otomatis (self ink dater) yang sudah mempunyai bantalan didalamnya.
Untuk melihat cara operasional stempel tanggal otomatis (self ink dater) klik disini


Gambar Stempel Lak
Stempel Lak

Stempel Lak/Wax

Stempel memakai lak yang dibakar dan diteteskan pada dokumen lalu sebelum lak mengering dilakukan pengecapan, sehingga tercetak relief pada tetesan lak.
Biasanya digunakan sebagai segel amplop, surat berharga, undangan dan bisa juga sebagai sealed pada kemasan barang.

Hasil cetakan cap dari stempel ini sangat unik. menimbulkan kesan artistik dan berguna sebagai pengaman.
Dengan memakai stempel ini menambahkan nilai penting dan berharga pada dokumen.


Gambar Stempel Self ink
Stempel Self ink

Stempel Self ink

Stempel ini termasuk jenis stempel otomatis berwarna.
cara kerja dari stempel ini adalah mengambil tinta atau melakukan transfer tinta. dari karet stempel mengambil tinta pada bantalan yang ada didalamnya lalu ke atas kertas.
seperti pada pemakaian stempel konvensional pada umumnya, hanya saja karet dan bantalannya sudah ada didalam dan bekerja secara mekanik mentransfer tinta, dari bantalan menggunakan karet ke kertas dan menghasilkan cap stempel.
Untuk stempel jenis ini, dianjurkan hanya memakai 1 (satu) warna saja dan itu adalah standar bawaan dari pabrik.. karena bila lebih dari satu warna, yang dipotong potong adalah bantalannya sehingga membuat transfer tinta tidak maksimal, juga mudah tercampurnya warna tinta.
Stempel jenis ini juga dapat diisi kembali bila hasil cap sudah buram,
Untuk melihat cara pengisiannya klik disini


Gambar Stempel Runaflex
Stempel Runaflex

Stempel Runaflex

Stempel Manual (konvensional) adalah stempel yg umum digunakan, karena stempel ini merupakan bagian evolusi  awal dari seni pembuatan stempel.
Stempel jenis ini yang mempelopori pembuatan menuju tehnik yang lebih maju . 
Pada awalnya dibuat dengan dipahat pada kayu atau karet alam tentunya hanya orang-orang tertentu yang mampu mengerjakannya. kemudian berkembang dengan tehnik pembakaran dengan menggunakan gips. seiring kemajuan tekhnologi stempel jenis ini dapat dibuat dengan menggunakan penyinaran sinar UV, malah sekarang dibuat dengan menggunakan laser cutting.
Runaflex sendiri adalah nama merk bahan baku karet stempel. yang sekarang ini sudah dipakai namanya sebagai referensi jenis stempel konvensional. yaitu stempel yang menggunakan bak stempel untuk penggunaannya.
Gagang terbuat dari bahan resin transparan dan karet memakai bahan runaflex.  tehnik pembuatannya menggunakan film negatif atau positif yang di expose pada sinar ultra violet.

Demikianlah  garis besar dari stempel stempel yang umum digunakan pada saat ini, masih ada beberapa jenis yang terlewat dan tidak tertulis disini.
Semoga berguna dan menambah wawasan anda sebelum memesan stempel.

Terima kasih.

Salam,
Stempel Bagus


Untuk Pemesanan dan informasi lebih lanjut hub :
STEMPEL BAGUS
Email : bagusstempel@gmail.com ; hendrystamp@gmail.com
Phone / Whatsapp / Line / SMS : 0899 8957 496
Pin BB : 57436C74

1 comment:

  1. Di tempat kerja saya ada stempel titik namanya, karet stempelnya direndam dalem tinta

    ReplyDelete