stempel_bagus_slide

..... ..... ..... ..... ..... .....

Saturday, June 4, 2016

Membuat Stempel Warna Murah Berkualitas


Membuat Stempel Warna Murah Berkualitas


Stempel, barang yang sudah tidak asing lagi bagi kita, sering terlihat digunakan untuk pengecapan Bon, Kwitansi, Nota, Surat Jalan, Ijazah, urusan surat menyurat dan lain sebagainya. Keberadaannya sangat dibutuhkan saat kita membutuhkan legitimasi pada penerbitan surat resmi atau sejenisnya, kurang lengkap bila tiak ada cap stempelnya. Sebelum membuat Stempel Warna Murah dan Berkualitas, ada baiknya untuk membaca artikel ini sejenak. Akan lebih membuka wawasan anda sebelum memilih jenis stempel warna yang dibutuhkan
.

Apakah sebenarnya kegunaan stempel itu?


Stempel adalah tanda identitas yang dimiliki oleh sebuah institusi atau kelompok sebagai bukti ratifikasi atas sesuatu yang terkait dengan hubungan institusi dengan pihak kedua. Dengan stempel, maka ada kekuatan hukum yang mengikat diantara dua orang atau lebih dan terikat dalam ketentuannya. Oleh sebab itulah, maka stempel bersifat legal.

Kita tak boleh bermain-main dengan stempel. Stempel itu identik dengan tanda tangan. Ketika kita sedang melakukan komunikasi resmi secara tertulis, atas nama dan buat institusi, maka surat yang kita kirimkan tersebut harus dibubuhi stempel. Dengan pembubuhan stempel ini, maka kita tak bisa berbuat semena-mena, apalagi yang bertentangan dengan isi surat tersebut. Oleh sebab itulah, sebelum kita membubuhkan tanda tangan dan stempel di surat dan sebagainya, kita harus mempelajari isi surat dan sebagainya tersebut secara seksama.

Itulah sekelumit pengertian dan kegunaan stempel.


Apabila kita mendengar tentang stempel, maka yang terlintas adalah bentuk-bentuk cap stempel yang sering kita lihat dan umum dipakai seperti :
Stempel Perusahaan, Stempel Logo Perusahaan, Stempel Kantor, Stempel Logo, Stempel Apotik, Stempel Dokter, Stempel Sekolah, Stempel Nama, Stempel Lunas, Stempel RT/RW, dan masih banyak bentuk-bentuk cap stempel lainnya yang kerap kita temui sehari-hari.

Stempel banyak macamnya tergantung kebutuhan dan kepentingan dalam penggunaannya. Dari “Stempel Lak” atau “Wax Stamp” yang paling klasik, “Stempel Emboss”, sampai dengan “Stempel Flash” atau “Stempel warna”, Jenis stempel paling terbaru yang akan saya bahas dibawah ini.


Apakah Stempel Warna atau Stempel Otomatis itu?


Stempel Warna, Stempel  Otomatis, Stempel Flash atau Stempel Trodat dan Stempel Shiny, adalah sama yaitu stempel yang sudah mempunyai penyimpanan tinta didalamnya, sehingga tidak memerlukan bantalan stempel lagi untuk melakukan pengecapan. 
Jenis Stempel Warna ini adalah jenis stempel yang sudah banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan, instansi-instansi, toko-toko,keperluan  pribadi dan keperluan dan kegunaan stempel pada umumnya di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Pada awalnya untuk membuat Stempel Warna hanya terfokus di Jakarta saja, mengingat Jakarta adalah pusat dari segala bisnis dan perdagangan di Indonesia sehingga banyak yang memerlukan penggunaan cap atau Stempel Warna untuk melakukan transaksi bisnis. Mudah untuk memesan Stempel Warna di Jakarta pada saat itu, beda halnya dengan kota-kota besar lain seperti : Surabaya, Bandung, Semarang, Tangerang, Jogja, Medan, Manadao dan lainnya, walaupun mungkin ada tapi tidak sebanyak di Jakarta.

Sekarang ini para pembuat stempel warna di Indonesia sudah menjamur dan banyak ditemui di kota-kota besar. Sangat mudah mencari Stempel Warna atau Stempel Otomatis dimana-mana.  Apalagi kemajuan tekhnologi informasi sudah semakin berkembang pesat, dengan menggunakan jejaring sosial dan situs-situs web, pemesanan Stempel Warna sudah dapat dilakukan secara online, sehingga dapat dijangkau luas ke seluruh Indonesia. Jadi sekarang tidak kesulitan lagi untuk mencari Stempel Warna di Surabaya, Semarang, Jogja, Bandung, Bekasi, Tangerang, Medan, Manado, Papua, dan kota lainnya.


Perjalanan Stempel Warna

Berbagi pengalaman yang cukup lama dalam menggeluti bidang stempel, penulis akan coba menceritakan sedikit sejarah perjalanan Stempel Warna atau Stempel Otomatis.

Dalam perkembangannya Stempel Warna atau Stempel Otomatis ini terbagi 2 kelompok jenis. Terbaginya kelompok Stempel Warna ini, mengikuti perkembangan tekhnologi yang terus berkembang waktu demi waktu.

Keinginan untuk membuat pengecapan stempel menjadi lebih praktis, lebih menarik, stempel yang lebih berwarna warni,melahirkan inovasi-inovasi  baru dalam bentuk dan desain pembuatan Stempel Warna. 
Beberapa pabrik stempel besar di berbagai belahan dunia mulai mencetuskan ide untuk “Menggunakan stempel tanpa bantalan”, dari  kajian-kajian dan eksperimen yang dilakukan, melahirkan inovasi produk  “Self Ink Stamp” stempel yang langsung dicap tanpa menggunakan bak stempel.
Dengan masih memakai prinsip dasar stempel yang masih memerlukan bantalan stempel sebagai penyimpanan tinta
Salah satu pelopor pembuat Stempel Warna tanpa menggunakan bantalan luar ini adalah perusahaan stempel “Trodat”


Stempel Trodat dan Stempel Shiny atau Stempel “Self ink stamp”


Perusahaan Stempel Trodat dan Shiny

Stempel ini termasuk jenis Stempel Otomatis Berwarna, cara kerja dari stempel ini adalah mengambil tinta atau melakukan transfer tinta dari karet stempel pada bantalan yang ada didalamnya. seperti pada pemakaian stempel konvensional pada umumnya, hanya saja karet stempel dan bantalannya sudah ada didalam dan bekerja secara mekanik mentransfer tinta stempel dari bantalan stempel menggunakan karet stempel ke permukaan kertas untuk menghasilkan cap stempel.

Untuk stempel jenis ini, dianjurkan hanya memakai 1 (satu) warna saja dan itu adalah standar bawaan dari pabrik. Bila membagi warna stempel menjadi 2 warna atau 3 warna mempunyai kesan seperti dipaksakan, mungkin karena keinginan yang besar pada waktu itu untuk membuat stempel yang berwarna-warni dan yang tersedia hanya stempel jenis ini.. Karena bila membuat stempel ini lebih dari satu warna, yang dipotong potong adalah bantalannya sehingga membuat transfer tinta tidak maksimal juga mudah tercampurnya warna tinta, kecuali ada beberapa produksi dari varian stempel tanggal yang sudah dilakukan pembagian warna dengan penyekat paten dari plastik oleh pabrik pembuat. Stempel Warna. Jenis ini juga dapat diisi kembali bila hasil cap sudah buram.

“Trodat” adalah sebuah perusahaan besar di Austria yang menekuni bidang perstempelan.  Cukup “Merajai” dunia perstempelan saat itu.
Sebagai pelopor “Self ink stamp” penyebaran distribusinya merata,sampai pula ke Indonesia dikenal dengan beberapa jenis stempel trodat yang umum sering dipakai seperti : Stempel Trodat type 4910, Trodat 4911, Trodat 4912, Trodat 4913, dan lainnya.
Juga dengan berbagai jenis Stempel Tanggal. Stempel Tanggal dari Trodat inipun banyak variasinya, dari stempel tanggal yang berbentuk kotak dengan beberapa variasi ukuran stempel seperti, Stempel Tanggal Trodat 4750, Stempel Tanggal Trodat 4850, Stempel Tanggal Trodat 4817, Stempel Tanggal Trodat 4810 dan lainnya, sampai dengan stempel tanggal berbentuk bundar lengkap dengan penunjuk jam seperti, Stempel Trodat type 2910 dan masih banyak variasi produk stempel dari Trodat ini. 
Stempel Tanggal ini umum dipakai untuk keperluan pengecapan yang memerlukan fasilitas “Tanggal, Bulan dan Tahun” yang dapat diubah ubah sesuai kapan waktu pengecapan dokumen/surat tersebut dilakukan, bahkan ada juga yang mempunyai status penunjuk jam.Stempel ini biasa digunakan untuk menerima atau mengirim sebuah dokumen/surat yang memerlukan status kapan dokumen/surat tersebut diberi cap stempel.

Sukses dari perusahaan stempel Trodat tersebut diikuti oleh beberapa perusahaan besar lainnya yang mulai melirik maraknya penjualan stempel Self Ink  tersebut. 
Salah satunya adalah “Shiny” perusahaan asal Taiwan yang mulai ikut “Bermain” mengisi dunia perstempelan untuk menyaingi kesuksesan stempel Trodat. 
Perusahaan Stempel Shiny juga memproduksi beberapa desain stempel unggulan seperti : Stempel Shiny type S843, Stempel Shiny S846, Stempel Shiny S833 juga Stempel Tanggal Shiny S827D, Stempel Tanggal Shiny S836D, dan masih banyak lagi variasinya.

Seperti pada umumnya yang terjadi pada persaingan dagang, maka selain memperhatikan kualitas Stempel Warna, bentuk gagang stempel yang menarik menjadi perhatian utama, juga terjadi persaingan harga Stempel Warna Murah.
Harga Stempel Trodat relatif lebih tinggi dari Stempel Shiny, sehingga dominasinya sempat diserobot oleh Stempel Shiny yang membandrol harga stempelnya lebih murah dari Stempel Trodat.
Dengan melakukan beberapa inovasi dan pengiritan biaya produksi akhirnya perusahaan Stempel Trodat juga memproduksi beberapa varian stempel dengan harga yang lebih murah.
Persaingan harga Stempel Warna Murah tersebut masih terjadi dengan ketat saat ini. Ada fanatisme sendiri bagi para pengguna Stempel Warna dan pembuat Stempel Warna, untuk memakai produk kedua perusahaan stempel tersebut.
Mungkin selain harga stempel yang lebih murah atau sudah terbiasa nyaman memakai produk dari salah satu kedua perusahaan penghasil produk bahan baku Stempel Warna tersebut. 

Meskipun banyak perusahaan-perusahaan lain yang juga ikut memproduksi jenis Stempel Warna ini (Seperti : Stempel Colop, stempel Joyco, dll), tapi hanya Stempel Trodat dan Stempel Shiny lah yang lebih dominan merajai pasaran dunia perstempelan ini, sehingga para pembuat dan pembeli stempel sudah terbiasa menamai jenis stempel ini sebagai “Stempel Trodat” atau “Stempel Shiny” yang mengacu pada branded pabrik pembuat. Padahal jenis sebenarnya adalah “Self Ink Stamp”.

Waktu terus bergulir, kemajuan technologi semakin pesat. Dunia Stempel Warna juga terkena imbas mengikuti perkembangan jaman. Sekitar tahun 1980an,Para “Pakar” dalam dunia stempel mulai bereksperimen dengan menggunakan karet stempel yang dapat menyerap tinta.  Lahirlah jenis Stempel Warna jenis baru “Pre ink stamp” . Jenis stempel baru yang sudah memakai karet dapat menyerap tinta. Menggeser dominasi Stempel Warna Trodat dan Stempel Warna Shiny untuk pemakaian Stempel Warna

Cara membuat Stempel Warna ini cukup rumit dari layout/desain gambar dibuat menjadi film negatif untuk membuat “Klise”, lalu ditransfer dengan tehnik penekanan kepada bahan “Matrix” setelahnya baru dilakukan penekanan dan pemanasan pada karet Stempel Warna untuk mendapatkan tercetaknya relief pada karet stempel. Barulah diproses pembagian warna dan pencelupan warna pada Stempel Warna dilakukan. Cara membuat Stempel Warna ini cukup sulit, tidak semua pembuat Stempel Warna dapat membuatnya selain dibutuhkan keahlian khusus juga membutuhkan alat-alat pembuatan Stempel Warna yang banyak dan lumayan mahal, sehingga tak banyak perusahaan Stempel Warna yang mampu memproduksi jenis Stempel Warna ini.

Mendekati abad millenium lahirlah sebuah terobosan baru mewarnai dunia perstempelan “Stempel Flash”. Jenis stempel yang menggunakan karet yang dapat menyerap tinta dilengkapi dengan technologi “Coating” pada permukaan karet.
Cara membuat Stempel Flash ini amat mudah dapat dibuat oleh orang awam, bahkan yang belum pernah berkecimpung dalam dunia stempel.
Dengan memangkas tehnik pembuatan Stempel Warna yang rumit menjadi lebih sederhana, dari hasil print out printer langsung di “Expose” pada Karet Stempel Flash dengan “Mesin Stempel Warna” dan menghasilkan bentuk Stempel Warna baru yang tanpa relief. 
Permukaan karet stempel “Flat” atau mendatar tapi sudah terlihat seperti film negatif untuk mentransfer keluarnya tinta dari Karet Stempel Flash ini. Setelah itu barulah di lakukan pembagian warna dengan memotong Karet Stempel Flash dan melakukan pengisian tinta stempel.

Pada awalnya harga Mesin Stempel Warna ini sangat mahal, hanya beberapa perusahaan Stempel Warna yang mampu memakainya. setelah tersebar luas dan banyak yang menyerap tekhnologinya, Orang-orang yang mempunyai kreatifitas mulai merakit dan menjualnya sehingga terciptalah “Mesin Stempel Warna Murah” atau “Mesin Stempel Flash Murah”.

Harga Mesin Stempel Flash  atau harga Mesin Stempel Warna bervariasi, tergantung dari spesifikasi yang diberikan oleh pembuatnya. Biasanya yang berbeda area besarnya jendela untuk "expose" karet dan berbeda jenis bentuk lampu. Untuk komponen lain relatif sama, hanya “Casing” yang berbeda-beda mengikuti selera desain pembuatnya.

Memang bisnis Stempel Warna Flash cukup menjanjikan,  tidak memerlukan modal yang relatif banyak juga tidak memerlukan tempat atau lahan yang besar untuk melakukan produksi stempel. 
Malah sekarang ini bisa di jalankan secara online. apalagi sudah didukung dengan Mesin Stempel Warna yang relatif murah.(Bisa memulai usaha pembuatan stempel warna dengan modal hanya 4 jutaan sudah termasuk bahan baku yang cukup untuk menjalankan usaha stempel warna. kamipun menyediakannya, dengan mesin stempel flash “Portabel” bentuk yang efisien mudah dibawa kemana-mana. Cocok untuk mengikuti pameran-pameran dadakan untuk menerima pembuatan stempel warna).

Fenomena ini melahirkan banyak sekali “Pembuat Stempel Baru” yang melihat peluang untuk memulai bisnis pembuatan Stempel Warna. Berdampak pada persaingan harga stempel, banyak yang menawarkan Jasa Pembuatan Stempel Warna dengan Harga Murah. Walaupun begitu harus selektif untuk mendapatkan Stempel Warna yang bagus bukan hanya sekedar Stempel Warna Murah tapi tetap berkualitas.


Stempel Flash
Banyak nama untuk stempel jenis ini, ada yang menyebutnya Stempel Flash, Stempel Warna, Stempel Otomatis, Stempel warna Warni, Stempel Berwarna, dll.” nama resminya adalah “Pre Ink Stamp”.

Stempel Flash ini memakai gagang plastik yang beraneka ragam, tergantung dimana para pembuat Stempel Flash membeli bahan bakunya. pada dasarnya semua berfungsi sama sebagai pegangan atau handle Stempel Flash., hanya variasi warna dan bentuknya saja yang berbeda beda.

Karet Stempel Flash memakai bahan khusus yang dapat menyerap tinta dan fleksibel, mudah di potong, sehingga Stempel Flash dapat dibuat menjadi beberapa warna dalam sekali pengecapan. adapun bila hasil cap Stempel Flash sudah mulai pudar dapat di isi ulang lagi tintanya (refill)
Stempel Flash ini sekarang umum dipakai karena membuat hasil cap lebih menarik, mudah digunakan karena tidak memerlukan bantalan.

Stempel Flash sekarang ini sedang merajai pasaran stempel warna, dimanapun membuat stempel warna (stempel warna Jakarta, stempel warna di bandung, stempel warna di Bekasi, stempel warna di Surabaya, stempel warna di Jogja dan kota kota lainnya), rata-rata akan ditawarkan membuat Stempel Flash ini.
Yang belum tergantikan oleh Stempel Flash ini adalah Stempel Tanggal Otomatis dari Trodat dan Shiny, keduanya masih “Bintang” dikelasnya.


Desain Stempel
Sebelum terbentuknya sebuah Stempel Warna atau Stempel Flash, di awali dengan membuat desain stempel atau layout stempel yang cocok.
Oleh sebab itu Desain dari sebuah Stempel Warna sangat menentukan bagus tidaknya hasil stempel nantinya.
Desain stempel warna untuk stempel perusahaan, logo stempel perusahaan, stempel Lunas, stempel lunas unik, stempel toko, stempel dokter,stempel logo dll, biasanya dibuat oeh software pembuat gambar yang sudah tidak asing lagi untuk para desainer graphis seperti : CorelDraw, Photoshop, Freehand, Adobe dan lainnya. Saya sendiri memilih CorelDraw dengan file cdr nya untuk membuat desain stempel warna, selain sudah terbiasa juga karena hasil desain dari Corel berupa “Vector” yang notabene lebih tajam daripada hasil “bitmap”(png,bmp,jpg,pdf,gif, dan lainnya).

Desain Stempel Oval
Desain stempel warna adalah unik, dari desain stempel perusahaan, desain stempel logo, desain stempel lunas, desain stempel nama, desain stempel toko,desain stempel dokter, dan lainnya, memiliki desain yang unik dan spesifik mengikuti selera dan keinginan pemesan stempel.
Sebagai contoh “Stempel Lunas”, stempel lunas biasanya sudah tersedia di toko-toko buku. mengikuti desain stempel lunas standar kebanyakan seperti : Stempel Lunas terima kasih, stempel lunas dengan tanggal. 
Bila stempel lunas yang dipesan khusus, stempel lunas akan mencantumkan nama toko, logo toko, nomor telepon dll, bentuk stempel lunas juga bisa beraneka ragam sesuai dengan keinginan pembeli. Stempel lunas bisa berbentuk bundar, oval, kotak dan lainnya. Untuk melihat contoh-contoh desain stempel klik disini.

Karena mungkin desain dari logo ataupun desain keseluruhan dari stempel warna ini lebih dari 1 warna, mungkin stempel 2 warna, stempel 3 warna dst, maka desain stempel warna tersebut harus mengikuti kaidah-kaidah cara membagi warna pada pembuatan stempel warna. Untuk lebih jelas dan terperinci masalah pembagian warna pada stempel flash bisa  Dilihat klik disini.


Stempel Gradasi

Apakah bisa membuat stempel gradasi?, bila desain logo berupa “gambar gradasi”?. Stempel flash bisa mewujudkannya, gambar foto pun bisa dibuat oleh stempel flash dengan catatan “gradasi” tersebut hanya stempel gradasi satu warna. Biasanya desain dengan gradasi dihindari untuk pembuatan stempel warna, karena kadang hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan.


Harga Stempel

Harga Stempel Warna Flash bervariasi, biasanya tergantung ukuran dan bentuk. Semakin besar ukuran stempel flash semakin mahal harganya. Biasanya akan di bandrol berkisar antara 40 ribu sampai dengan 60 ribu rupiah. Dan setiap penambahan warna akan dikenakan biaya tambahan 10 ribu rupiah per warna. Tapi harga tersebut tidak mengikat, tergantung masing-masing pembuat stempel memberikan harga stempel  flash. Untuk harga stempel trodat dan harga stempel shiny biasanya berkonsultasi dulu dengan pembuat stempel, karena harga stempelnya sangat bervariasi sekali, tergantung type dan ukuran stempelnya.


Cara Pesan Stempel

Cara memesan stempel warna atau stempel flash biasanya pembeli datang ke tempat pembuatan stempel warna. Disana akan diberikan contoh-contoh desain stempel warna yang pernah dibuat. Atau pembeli sudah mempunyai “Soft Copy” dari desain stempel warna yang akan dibuat atau membawa contoh stempel warna yang pernah dibuat. 
Bila membuat stempel dengan format baru biasanya akan dipandu memilih bentuk stempel, jenis stempel,kata-kata stempel, logo stempel perusahaan atau logo stempel toko, warna stempel, ukuran stempel dan dibuatkan draft untuk disetujui oleh pemesan. 
Proses pembuatan untuk stempel flash biasanya cepat berkisar antar 1 atau 2 jam atau paling lama 1 hari (bila stempel yang dipesan mungkin mempunyai desain yang rumit, atau pembagian warna yang rumit, jelas memerlukan waktu untuk membuatnya).

Mengikuti perkembangan tekhnologi informasi, pemesanan stempel dapat dilakukan melalui “Pesan Stempel Online”.Para pembuat stempel pun sudah banyak yang mempromosikan ke dalam situs-situs internet, melalui website maupun blog blog yang tersedia. Juga memberdayakan jejaring sosial seperti, Facebook, BBM, Whatsapp, Line, untuk mempromosikan produk-produk stempelnya.

Sekarang ini untuk memesan stempel warna flash dapat dipesan melalui online, lebih mudah tidak perlu harus ke tempat pembuatan stempel. Lebih praktis menghemat waktu dan dapat melihat lihat produk stempel jenis stempel apa yang akan dibuat secara online yang banyak bertebaran di internet.  Tetap harus teliti sebelum pesan stempel warna atau stempel flash secara online. Agar pesanan sesuai dengan harapan. Pastikan anda memilih tempat pembuatan stempel warna yang sudah kompeten dan berpengalaman.

Bila anda ingin pesan stempel secara online, kami akan menghargai kepercayaan anda, kami akan melayani dengan baik, memberikan konsultasi untuk pembuatan stempel warna ataupun stempel lainnya.  Kami akan memberikan harga stempel murah dan kualitas stempel warna yang terbaik untuk anda. Untuk lebih jelas cara pesan stempel secara online agar sesuai dengan stempel yang dibutuhkan, bisa kunjungi : Stempel Bagus, Pesan Stempel Online klik disini.

Terima kasih, semoga bermanfaat sebelum memesan stempel warna.


Salam,
Stempel Bagus

No comments:

Post a Comment